Sudah semestinya kita bangga dengan kekayaan budaya Indonesia. Indonesia mempunyai ribuan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Mulai dari Bahasa, Adat istiadat, kesenian tradisional, kuliner dan keadaan alamnya. Tidak sedikit pula budaya Indonesia yang sudah diakui dunia Internasional dan dinobatkan sebagai “ Warisan Budaya Indonesia Yang diakui UNESCO ”.

Budaya Indonesia Yang Diakui UNESCO

Berikut beberapa warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO dan juga penjelasan singkatnya.

1. Taman Nasional Komodo

Komodo adalah binatang purba asli Indonesia yang hanya hidup di  Pulau Komodo dan beberapa pulau di sekitarnya. Binatang dengan nama latin Varanus Komodoennsis ini merupakan kadal terbesar di dunia dan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Dibuatlah Taman Nasional Komodo untuk melestarikannya. Pada tahun 1991 Taman Nasional Komodo diremikan sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Dengan diresmikannya taman nasonal komodo menjadi warisan budaya menjadikan namanya menjadi terkenal ke seluruh dunia dan keberadaan binatang raksasa ini tak hanya dilindungi oleh Indonesia tetapi juga UNESCO sebagai badan dunia yang menjaga warisan dunia.

2. Batik

Batik sudah menjadi identitas bangsa dan sudah dikenal dunia internasional. Seni melukis kain dan pewarnaan menggunakan media malam dengan alat berupa canting ini sudah ada sejak dahulu. Motif batik asli Indonesia memiliki beragam motif yang tersebar di tiap daerahnya seperti batik Jogja, Batik Solo, batik Pekalongan, Batik Kalimantan, Batik Lampung dan masih banyak lagi.

Pada tanggal 2 Oktober 2009 ditetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Tanggal tersebut sekaligus dijadikan sebagai hari batik nasional.

3. Wayang Kulit

Budaya asli dari tanah jawa ini sering digelar pada acara tertentu. Pertunjukan wayang dilakukan oleh seorang dalang, penabuh gamelan yang disebut “Niyaga” dan juga sinden sebagai penyanyi. Wayang biasanya menceritakan tentang kisah Mahabarata dan Ramayana. Sebagai budaya yang sangat berharga, wayang ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO pada tahun 2003 silam.

4. Keris

Senjata tradisional asli indonesia ini memiliki bentuk yang unik dengan bentuk yang runcing dan berkelok-kelok. Keris tidak hanya ada di tanah Jawa saja tetapi ada juga di daerah lainnya seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa tenggara. Pada saat ini keris beralih fungsi sebagai benda antik dan sebagai pelengkap pada pakaian tradisional. Dan pada tahun 2005 keris dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

5. Gamelan

Gamelan merupakan alat musik asli Indonesia tepatnya dari tanah jawa yang terdiri dari Kendang, sharon, demung, peking, gong, bonang, slenthem, gender, gambang, rebab, siter, suling, kethuk dan kenong. Seiring berjalannya waktu, saat ini alat musik tradisional gamelan dipadukan dengan alat musik modern seperti Organ dan drum. Gamelan ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2014.

6. Angklung

Selain gamelan, alat musik tradisonal yang ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO adalah angklung. Angklung resmi diakui oleh UNESCO lebih dahulu daripada gamelan, yakni pada tahun 2010. Alat musik dari Jawa Barat ini terbuat dari bambu dan berbantuk seperti pipa. UNESCO bahkan memberikan penghargaan khusus kepada angklung sebagai alat musik yang melambangkan bangsa Indonesia.

7. Tari Saman

Tarian yang diperkirakan sudah ada sejak 700 tahun silam ini memiliki ciri khas kompak, cepat, agresif dan terkesan perkasa. Tari Saman berasal dari aceh dan sering dipertunjukan dalam acara-acara di Luar Negeri oleh Indonesia. Hingga akhirnya diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2011.

Itulah tadi beberapa warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO, masih banyak sekali budaya-budaya asli Indonesia yang lainnya, dari 7 budaya ini sebagian kecil dan membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya. Sekarang saatnya kita sebagai warga negara Indonesia untuk melestarikannya agar tidak diklaim oleh negara lain.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here