Laptop cepat panas terkadang menjadi masalah yang besar. Saat kita mengerjakan tugas penting tiba  -tiba laptop mengalami cepat panas, bahkan terkadang sampai mati. Bagi anda yang belum tahu Cara mengatasi Laptop Cepat Panas  mungkin membuat anda panik.

Namun sebelum laptop anda mati disebabkan panas pada laptop anda. Anda bisa mengatasinya apabila sudah mengetahui cara mengatasi laptop cepat panas. Jangan anda menyepelekan keadaan laptop anda yang cepat panas. Karena semakin sering laptop anda gunakan dalam keadaan panas. Kerusakan hardware bisa saja terjadi. Maka dari itu anda harus mengetahui cara mengatasi laptop cepat Panas di bawah ini.

5 Cara mengatasi Laptop Cepat Panas Paling Jitu dan Mudah Dilakukan

1. Mengganti Thermal Paste Yang Baru

Laptop cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa factor. Salah satunya adalah karena thermal paste yang perlu di ganti. Thermal Paste ini berfungsi sebagai penghantar suhu panas processor. Suhu ini nantinya akan di buang oleh Heatsink fun ( Kipas Pendingin ).

Apabila laptop anda mengalami cepat panas ketika baru beberapa waktu menggunakannya perlu anda cek bagian Thermal Pastenya. Thermal paste yang sudah lama di pasang tentu akan mengalami pengeringan. Efek dari pengeringan ini membuat suhu panas dari processor tidak tersalurkan. Sehingga menimbulkan suhu panas yang ada tidak keluar dan membuat laptop anda cepat panas.

Anda bisa membongkarnya sendiri dan menggantinya sendiri apabila mampu. Namun untuk menjaga dari kesalahan lebih anda bawa ke tempat servis laptop terdekat.

2. Bersihkan Kipas Pendingin Dengan Kuas

Laptop cepat panas juga bisa disebabkan karena kipas pendindin laptop anda kotor dan tersumbat kotoran. Mungkin sudah lama anda menggunakan laptop dan tidak pernah dibersihkan sama sekali. Jadi suhu panas yang seharusnya dapat didinginkan dengan kipas pendingin tetatapi karena terhalang oleh debu suhu pun tertahan. Karena inilah laptop menjadi cepat panas walau anda hanya menggunakan sebentar.

Untuk mengatasinya anda harus membuka laptop anda dan membersihkan bagian kipas angin pendingin. Apabila kipas pendingin sudah bersih maka sirkulasi udara akan lancar. Laptop yang anda guankan tidak akan mudah cepat panas.

3. Gunakan Colling Pad Sebagai Pendingin Eksternal

Apabila anda mengalami laptopnya cepat panas. Cara mengatasi laptop cepat panas yang satu ini khusus yang tidak mau bongkar laptop. Untuk menggunakannya cukup fleksibel, anda tinggal membeli colling pad dan pasang di bawah laptop.

Cara kerja dari Colling Pad ini ialah memberi pendingin dari bawah laptop. Namun saat membeli harus hati – hati memilih colling pad. Apabila tidak hati – hati, tertipu misalnya. Bisa saja laptop anda menjadi korbannya. Bukan meringankan masalah anda malah membebani anda.

Hasil dari menggunakan colling pad tidak memberikan dampak yang besar hanya beberapa persen saja. Bagi anda yang tingkat kepanasannya tidak parah bisa mencoba colling pad sebagai pendingin laptop anda.

4. Beri Ruang Bernafas Bawah Laptop

Fungsi dari adanya ruang adalah untuk menjaga sirkulasi udara agar lancar dan tidak terganggu. Sehingga apabila udar dapat masuk dan keluar membantu anda agar laptop yang digunakan tidak cepat panas.

Cara ini hanya dapat anda gunakan untuk pengguna laptop dengan waktu yang relative singkat. Maksudnya bagi anda yang menggunakan laptop hanya beberapa jam saja bisa membantu mengatasi laptop anda yang cepat panas.

Memberi ruang ini bisa anda memberi alas laptop sebelum menggunakannya.

5. Ingat Laptop

Saat anda ingin menggunakannya anda harus mengetahui spek dari laptop anda. Misalkan saja spek dari laptop yang anda gunakan rendah, namun anda paksa untuk melakukan tugas selayaknya laptop spek tinggi. Seperti anda gunakan untuk game berat.

Maka dengan begitu tidak mustahil laptop anda mengalami cepat panas. Hardware yang bekerja keras saat anda bermain game ialah Procesor dan VGA-nya. Jadi alangkah baiknya untuk mengatasi laptop anda yang cepat panas dengan mengganti Procesor dan VGA-nya apabila ingin bermain game.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here