Buah ciplukan dengan nama latin Physallisa angulata L . Nama lokalnya beraneka ragam antara lain : cecenet, cecendet, nyunyuran, kopok-kopokan, keceplukan, leletukan dan morel berry (Inggris).  Saat ini buah ciplukan sedang naik daun, hal ini dipicu dengan viralnya manfaat buah ciplukan. Tumbuhan perdu yang awalnya liar ini ternyata kaya akan manfaat. Tidak mengherankan, saat ini buah ciplukan dibandrol dengan harga yang fantastis di supermarket sehingga sempat menghebohkan netizen. Berbagai manfaat buah ciplukan muncul karena kandungan-kandungan yang ada di tanaman ini. Kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tidak hanya ada dalam bagian buah, tetapi di seluruh bagian tanaman.

Kandungan Dan Manfaat Buah Ciplukan

Berikut ini manfaat buah ciplukan berdasarkan kandungan senyawa yang ada dalam tanaman :

1. Saponin

Tanaman ciplukan bagian tunas mengandung saponin. Saponin merupakan senyawa yang bersifat anticarsinogen dan meningkatkan sensitivitas insulin. Manfaat buah ciplukan yang muncul dengan adanya kandungan saponin ini adalah mencegah penyakit kanker dan mengobati penyakit diabetes.

2. Flavanoid

Bagian tunas dan daun ciplukan mengandung senyawa flavanoid. Flavanoid mampu memberikan manfaat sebagai zat antioksidan, mengusir polusi dalam tubuh, mengusir virus dan mampu meningkat daya imun tubuh. Dengan adanya kandungan ini, manfaat buah ciplukan yang muncul adalah mampu mengobati penyakit flue, gondongan (parotitis), bronchitis, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Polifenol

Polifenol terdapat pada bagian buah ciplukan. Senyawa ini merupakan zat kimia yang bersifat antioksidan dan memiliki kemampuan anti-inflamasi serta meningkatkan kekebalan tubuh.  Manfaat yang muncul dengan kandungan senyawa tersebut adalah mampu meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, buah ciplukan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Chlorogenik Acid

Daun ciplukan mengandung chlorogenik acid yang mampu memperbaiki kadar gula tubuh, menurunkan tekanan darah dan kolesterol serta menangkal radikal bebas. Manfaat buah ciplukan yang muncul dengan adanya kandungan zat ini adalah mengobati penyakit diabetes, stroke dan jantung.

5. Tanin dan alkalaid

Tanin terkandung dalam bagian buah ciplukan. Zat ini bersifat astrigensia (pengelat dan anti diare), anti bakteri dan antioksidan. Sedangkan alkalaid terkandung dalam bagian akar tanaman ciplukan. Senyawa tanin bercampur dengan alkalaid mampu menawarkan racun, sehingga manfaat buah ciplukan yang dimunculkan adalah sebagai penawar racun.

Buah ciplukan masih mengandung zat senyawa lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan seperti asam palmitat, karotenoid, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Oleh karena itu manfaat buah ciplukan masih banyak, seperti untuk mengobati penyakit kulit di antaranya kurap, bisul dan borok. Cara pemanfaatan buah asal Amerika ini hampir sama untuk semua bagian tanaman, yaitu dengan cara direbus lalu diminum.

Baca Juga : 1000 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Perlu diketahui rebusan dari tanaman ciplukan ini tidak boleh disimpan lebih dari sehari karena kandungan zat senyawanya akan rusak. Dan ada perbedaan cara pengolahan untuk menyembuhkan penyakit kulit, daun harus digiling dahulu lalu dibalurkan pada kulit yang terkena penyakit. Tentunya selain dengan membuat ramuan dengan merebus dan menggiling, manfaat buah ciplukan tetap bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buahnya secara langsung.

Berbagai manfaat buah ciplukan ini sudah banyak diteliti oleh para ilmuwan dan diyakini kebenarannya. Nah, jadi anda sudah tidak perlu lagi meragukan manfaat dari buah kecil ini. Buah kecil yang dulunya tumbuh liar dan sering dianggap gulma ini ternyata sangat berharga. Setelah membaca artikel ini, silakan mulai mencoba mengkonsumsinya untuk membuktikan manfaatnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here